Nissan Magnite Akan Punya Pilihan Mesin 1.0L Turbo

Nissan Magnite Akan Punya Pilihan Mesin 1.0L Turbo

Nissan Magnite tampaknya akan memiliki lebih banyak opsi mesin. Sebelumnya Nissan Jepang sempat mengumumkan penggunaan mesin 1.0L, kini Nissan Motor India telah mengumumkan pilihan mesin baru 1.0L turbo.

Dalam keterangan perseroan, Jumat, 6 November 2020, Nissan menyebutkan Magnite menggunakan dua mesin, yakni B4D 1.0 NA dan HRA0 1.0 Turbo, keduanya berkapasitas 999cc.

Mesin HRA0 Turbo menawarkan tenaga lebih yaitu 100 PS dengan torsi maksimal 160 NM. Mesin turbo tersebut akan dibantu dengan transmisi MT 5-percepatan dan X-Tronic CVT.

Nissan mengklaim mesin turbo HRA0 mengadopsi teknologi "mirror hole cylinder liner" milik Nissan GT-R. Teknologi ini dapat mengurangi gesekan pada mesin untuk meningkatkan pembakaran, akselerasi yang mulus, dan efisiensi bahan bakar.

Mesin B4D 1.0 NA menjadi pilihan standar dengan tenaga maksimal 72 HP dan torsi maksimal 96 Nm yang hanya tersedia dengan transmisi 5 MT.

"Kami bangga telah memulai produksi HRA0, mesin turbo pertama di negara itu yang memberikan kinerja tinggi," kata Biju Balendran, Direktur Pemasaran dan CEO Renault Nissan Automotive India Pvt Ltd (RNAIPL).

Rakesh Srivastava, selaku Direktur Pemasaran Nissan Motor India, mengatakan: "Pengembangan mesin dilakukan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan, sekaligus mengurangi emisi dan memberikan jarak tempuh yang sangat baik."

Perusahaan mengklaim turbo Magnite dengan transmisi CVT memiliki konsumsi bahan bakar 17 km / liter, sedangkan girboks manual 20 km / liter. Sedangkan mesin standarnya menawarkan efisiensi bahan bakar 18,75 km / liter.

Nissan Magnite diharapkan bisa dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Model ini akan menantang Kia Sonet yang akan dipasarkan mulai 11 November 2020. Segmen SUV entry-level ini akan semakin memanas dengan rencana kehadiran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize awal tahun depan.