Mahasiswa dan Buruh Demonstrasi Tolak UU Cipta Kerja di Jakarta Hari ini

Mahasiswa dan Buruh Demonstrasi Tolak UU Cipta Kerja di Jakarta Hari ini

Hari ini, Selasa 10 November 2020, Panitia Pelaksana Mahasiswa Indonesia (BEM SI) kembali menggelar aksi unjuk rasa melawan hukum tentang penciptaan lapangan kerja. Demonstrasi akan berlangsung di sekitar kantor presiden.

“Bertepatan dengan Hari Pahlawan, BEM SI akan kembali menyemarakkan Istana Negara sebagai sikap bahwa mahasiswa tidak akan tinggal disaat kepentingan rakyat diinjak-injak oleh pembuat kebijakan 9 2020.

Meski UU Cipta Kerja sudah disahkan Presiden Jokowi, Remy mengatakan, BEM SI tetaplah peraturan pemerintah, bukan undang-undang atau perpu. Dia mengatakan itu efektif dalam membatalkan undang-undang penciptaan lapangan kerja.

“Kalau tidak, gelombang massa dan penolakan berbagai elemen malah tidak akan dilakukan untuk menghentikan keresahan nasional oleh ibu kota negara,” kata Remy.

Selain BEM SI, massa Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga akan berdemonstrasi hari ini. Demonstrasi pekerja akan diadakan di kantor Kementerian Tenaga Kerja mulai pukul 10.30.

“Diperkirakan seribu pekerja,” kata Ketua KSPI Said Iqbal dalam tulisannya. Demonstrasi buruh ini juga menyerukan pencabutan UU penciptaan lapangan kerja. KSPI Massa juga menyerukan agar UMP 2021 terus dinaikkan