Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata Berjalan Minimalis

Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata Berjalan Minimalis

Presiden Joko Widodo melakukan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan Nasional atau TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Hari Pahlawan, Selasa 10 November 2020. Upacara kali ini berlangsung dengan konsep minimalis dan berpegang teguh pada protokol kesehatan.

Jokowi dan Ma'ruf tiba sekitar pukul 08.30 WIB. Keduanya berjalan serentak dari gerbang utama TMP Kalibata menuju lokasi upacara haji nasional.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada roh pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Yudi Kuncoro. Lalu, tanpa suara, sirene dibunyikan selama 60 detik untuk memperingati kompleks pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dengan hening sesaat yang dipimpin oleh Jokowi selaku Pengawas Upacara.

Presiden kemudian meletakkan mahkota dan menghadiri pembacaan doa untuk roh pahlawan yang dipimpin oleh menteri agama Fachrul Razi.
Usai rangkaian upacara peringatan, Jokowi dan Ma'ruf Amin, didampingi sejumlah jajaran terkait, meninggalkan lokasi upacara untuk melaksanakan penanaman bunga di makam beberapa pahlawan, termasuk B.J. Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono. Kemudian Umar Wirahadikusuma, Soedarmono, Adam Malik, Taufiq Kiemas, para pahlawan revolusi, hingga sederet pahlawan tak dikenal.

Jokowi dalam unggahannya dari akun Instagram pribadinya menyatakan bahwa bangsa ini masih tinggi dan melaju melewati zaman karena perjuangan para pahlawan yang selalu hadir setiap saat dan menyambut setiap tantangan.

Para penerus bangsa yang telah meninggal harus membuat keputusan untuk perjuangan mereka di perjuangan lain.

Perjuangan kita sekarang adalah memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 yang telah melanda negeri ini selama delapan bulan, tulis Jokowi.

Turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Pahlawan oleh TMP Kalibata oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis