Waspadai! Daftar Pemicu Serangan Jantung di Usia Muda

Waspadai! Daftar Pemicu Serangan Jantung di Usia Muda

Kabar kepergian Ashraf Sinclair begitu tiba-tiba pada Selasa (18/2), membuat dunia hiburan dan jagat maya gempar. Ashraf yang juga suami Bunga Citra Lestari (BCL) tidak dikabarkan sakit serius, sebelumnya.

Ashraf meninggal di usia terbilang muda, yakni 40 tahun, karena serangan jantung. Sebelumnya, serangan jantung identik dengan orang-orang tua berusia di atas 40 tahun. 

Namun studi terbaru dari American College of Cardiology mengungkap, kini serangan jantung cukup umum dialami oleh dewasa muda. Tepatnya mereka yang berusia di 20 hingga 30 tahunan loh.

Mengapa hal itu terjadi? Berikut penjelasannya. 

1. Kini, 1 dari 5 pasien serangan jantung adalah dewasa muda

Menurut studi tersebut seperlima pasien serangan jantung berusia 20 hingga 30 tahun. Dari 2000 hingga 2016, proporsi dewasa muda yang mengalami serangan jantung naik dua persen setiap tahunnya.

Dilansir dari Medical Xpress, ahli jantung bernama Ron Blankenstein mengungkap, biasanya tim medis jarang melihat orang berusia di bawah 40 tahun mengalami serangan jantung. 

"Namun saat ini mereka bahkan berusia 20 hingga awal 30 tahunan,” kata dia.

2. Mereka memiliki risiko kematian yang sama

Waspadai! Daftar Pemicu Serangan Jantung di Usia Mudaverywellhealth.com
Sekali mengalami serangan jantung, para dewasa muda berisiko untuk mengidap penyakit jantung lainnya. Walaupun jauh lebih muda dari pasien lainnya, mereka ternyata memiliki risiko kematian yang sama. Lalu apa saja yang bisa menyebabkan serangan jantung di usia muda ini?

3. Dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok

Waspadai! Daftar Pemicu Serangan Jantung di Usia MudaPixabay
Kamu harus tahu bahwa rokok adalah salah satu penyebab utama dari penyakit jantung koroner. Bahkan diperkirakan bahwa merokok bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga empat kali lipat!

Mengapa rokok begitu membahayakan jantung? Hal itu karena asap yang masuk ke saluran pernapasan bisa menyebabkan rusaknya lapisan arteri dan penyumbatan pembuluh darah. Ketika arteri yang memasok darah ke jantung menyempit, kinerjanya akan menurun karena kekurangan darah beroksigen.

4. Ini daftar beberapa penyakit yang juga memicu serangan jantung

Waspadai! Daftar Pemicu Serangan Jantung di Usia Mudaclevelandclinic.org
Selain merokok, serangan jantung di usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor umum lain. Mulai dari diabetes, tingginya tekanan darah, tingginya tingkat kolesterol, dan ada atau tidaknya riwayat serangan jantung di dalam keluarga.

5. Penggunaan obat terlarang berkontribusi sebabkan serangan jantung

Waspadai! Daftar Pemicu Serangan Jantung di Usia Mudamydr.com.au
Hal yang membedakan sebab serangan jantung orang tua dan para dewasa muda adalah penggunaan obat terlarang. Sebesar 18 persen pasien serangan jantung di usia muda terdeteksi menggunakan mariyuana dan kokain.

Sedangkan pada orang tua jumlah tersebut hanya mencapai setengahnya. Studi tersebut menunjukkan bahwa obat-obatan tersebut berkontribusi besar terhadap tren penyakit jantung pada dewasa muda.

6. Konsumsi minuman beralkohol juga memicu serangan jantung

Waspadai! Daftar Pemicu Serangan Jantung di Usia Mudamedicaldaily.com
Walaupun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, konsumsi minuman beralkohol pada dewasa muda juga berkontribusi terhadap serangan jantung. Minum alkohol dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko hipertensi, stroke, aritmia jantung, dan kematian mendadak.

7. Serangan jantung bisa dicegah guys...

Banyak orang yang menganggap bahwa hal yang menentukan seseorang terkena serangan jantung adalah takdir. Itu tidak benar karena sebenarnya kita dapat melakukan upaya-upaya pencegahan.

Hindari merokok dan asap rokok, olahraga teratur, diet yang sehat, dan mengurangi berat badan adalah beberapa di antaranya. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan check up rutin untuk memonitor tingkat gula darah dan tekanan darah.