Jangan Beli Dulu! PS4 Perlu Upgrade ke PS5? Ini Jawabannya

Jangan Beli Dulu! PS4 Perlu Upgrade ke PS5? Ini Jawabannya

Perusahaan elektronik Jepang Sony meluncurkan konsol terbarunya, PlayStation 5, pada kuartal keempat tahun 2020.

Dikutip melalui The Verge, Sony telah mengonfirmasi bahwa PS5 akan diluncurkan pada 12 November 2020 dengan harga $ 499 (sekitar Rp 7,3 juta). Jadi, pembeli bisa menghabiskan $ 39,9 untuk PS5 Digital Edition.

Kehadiran PS5 sebenarnya merupakan pembaruan dari generasi sebelumnya, yakni PlayStation 4 (PS4). Pembaruan yang paling mencolok ada pada perangkat yang kini memiliki desain vertikal dan tidak lagi didominasi warna hitam.

Namun, saatnya mengganti konsol PS4 dengan PS5. Di bawah ini adalah ringkasan Bisnis.com secara spesifik dari masing-masing konsol.

D dikutip via TechRadar, dari segi lintasan di dapur pacu, PS5 punya jeroan yang berbeda dibanding PS4. Konsol baru ini menggunakan CPU AMD Zen 2 octa-core, 16GB GDDR6, dan GPU khusus berdasarkan AMD RDNA 2.

Sementara itu, PS4 memiliki CPU AMD Jaguar octa-core, 8GB GDDR5, dan CPU AMD Radeon.

Selain itu, dari segi penyimpanan internal, PS4 memiliki HDD 500GB atau 1TB, sedangkan SSD PS5 berukuran 825GB dengan kinerja 5,5GB / detik.

Sedangkan untuk urusan image PS5, mendukung grafis 8K dan 4K dengan refresh rate 120Hz, bersama dengan sound system 3D yang menambah kesan game lebih hidup. Namun, PS4 hanya mendukung grafik 4K.

PS5 juga dilengkapi dengan pengontrol DualSense yang memiliki sejumlah fitur seperti umpan balik haptic yang imersif, pemicu adaptif dinamis, dan mikrofon terintegrasi.

Pengontrol ini dirancang dalam warna hitam dan putih sesuai dengan tampilan PS5. Tata letak D-pad, tombol analog dan lainnya selalu sama dengan pengontrol PS4, DualShock 4, serta touchpad yang terletak di sisi tengah.